Get Adobe Flash player

Alumni SMPN 1 Culamega

Login Form

free counters

Foto Guru dan Karyawan

H. Enom Rusmana
Dede Budiana
Yoyo
Ai Herti
Rusmawan
Jeni
Aay
Elin
Elis
Abas
Wantu
Irma
Hj Nia
Teti
Nurhayati
Tuti
Ubaidillah
Kartini
Gugi

Kesehatan

Buah manggis (Garcinia mangostana. L) dikenal juga sebagai Queen of The Tropic Fruits, merupakan tumbuhan liar di hutan dan pegunungan dengan ketinggian pohon bisa mencapai lebih dari 15 meter namun mempunyai masa berbuah yang membutuhkan waktu lebih dari 10 tahun.

Ternyata kulit manggis memiliki banyak khasiat untuk kesehatan, pada kulit manggis ini dapat menghasilkan senyawa xanthone, yaitu zat yang terbentuk dari hasil isolasi kulit buah manggis. Kadarnya mencapai 123,97 mg per ml. Xanthone mempunyai aktivitas antiinflamasi dan antioksidan. Senyawa xanthone dapat menangkal radikal bebas dan mencegah kerusakan sel sehingga proses degenerasi sel terhambat.

Selain itu Xanthone bukan hanya sebagai antioksidan, tetapi juga antikanker. Belakangan ini para ilmuwan juga sedang melakukan uji potensi kulit manggis sebagai obat HIV. Berikut 34 Fakta khasiat kulit manggis :
  1. Anti-fatigue (energy booster/memberi tenaga)
  2. Powerful anti-inflammatory (prevents inflammation/anti peradangan)
  3. Analgesic (prevents pain/mencegah sakit urat saraf)
  4. Anti-ulcer (stomach, mouth and bowel ulcers)
  5. Anti-depressant (low to moderate/mencegah kemurungan)
  6. Anxyolytic (anti-anxiety effect/mencegah kegelisahan, panik & cemas)
  7. Anti-Alzheimerian (helps prevent dementia/mencegah penyegah Alzheimeria)
  8. Anti-tumor and cancer prevention (shown to be capable of killing cancer cells/Mencegah kanker)
  9. Immunomodulator (helps the immune system/system kekebalan)
  10. Anti-aging (Anti penuaan)
  11. Anti-oxidant ( Buang toxic/racun dalam badan)
  12. Anti-viral (membunuh kuman)
  13. Anti-biotic (modulates bacterial infections)
  14. Anti-fungal (prevents fungal infections/infeksi oleh jamur)
  15. Anti-seborrheaic (prevents skin disorders/ mencantikkan kulit)
  16. Anti-lipidemic (blood fat lowering/membuang kolesterol)
  17. Anti-atherosclerotic (prevents hardening of arteries)
  18. Cardioprotective (protects the heart/untuk jantung)
  19. Hypotensive (blood pressure lowering/merendahkan tekanan darah)
  20. Hypoglycemic (anti-diabetic effect, helps lower blood sugar/ mengurangi gula dalam darah)
  21. Anti-obesity (helps with weight loss/kuruskan badan)
  22. Anti-arthritic (prevention of arthritis/cegah sakit tulang)
  23. Anti-osteoporosis (helps prevent the loss of bone mass/tulang rapuh)
  24. Anti-periodontic (prevents gum disease/cegah gusi berdarah)
  25. Anti-allergenic (prevents allergic reaction)
  26. Anti-calculitic (prevents kidney stones/cegah batu karang)
  27. Anti-pyretic (fever lowering/rendahkan suhu badab)
  28. Anti-Parkinson (penyakit saraf parkinson)
  29. Anti-diarrheal (mencegah diare)
  30. Anti-neuralgic (reduces nerve pain/sakit urat saraf)
  31. Anti-vertigo (prevents dizziness)
  32. Anti-glaucomic (prevents glaucoma/sakit mata)
  33. Anti-cataract (prevents cataracts)
  34. Pansystemic (has a synergistic effect on the whole body/Mengimbangi seluruh badan) sumber

Saat ini, jus kulit manggis banyak beredar di pasaran dengan beragam kualitas dan harga. Bila Anda kurang yakin produk mana yang terbaik, tidak ada salahnya Anda membuat sendiri jus kulit manggis

Cara Membuat Jus Kulit Manggis Sendiri

  1. Siapkan terlebih dahulu 1-2 butir buah manggis. Akan lebih baik bila dicampur dengan apel atau anggur.
  2. Kupas kulit manggis, dan kerok bagian dalam kulitnya yang berwarna merah, usahakan tidak terkena bagian hitam kulit manggis (kulit luar) dan jangan sampai getahnya ikut-ikutan terambil, karena dapat menyebabkan rasa jus manggis menjadi pahit nantinya.
  3. Pada langkah selanjutnya adalah memblender kulit beserta bahan-bahan lain yang telah kita siapkan tadi. Daging buahnya bisa ikut dimasukkan atau kita makan saja. Sebaiknya gunakan madu sebagai pemanis.
  4. Jus kulit manggis tersebut sudah siap untuk di sajikan. Sebaiknya diminum setelah makan.

Hidup Sehat ala Rasulullah Sebagai umat muslim, harta yang paling berharga dalam dunia adalah kesehatan. Kesehatan ialah harta yang tak ternilai harganya.Jaman sekarang, meraih hidup sehat tidaklah mudah, apalagi di ibukota. Polusi kendaraan dimana-mana, gaya hidup yang serba cepat, kesibukan yang menumpuk membuat sebagian orang tak mampu merasakan nikmatnya hidup sehat. Konsumsi makanan yang kurang sehat seperti fastfood, jarangnya berolahraga dikarenakan kesibukan yang padat. Manusia terjebak pada pola hidup yang serba praktis dan cepat, sehingga membuat kesehatan menjadi mahal harganya.
Hidup Sehat ala Rasulullah
Salah satu nikmat dari Allah yang sering kita lalaikan dan lupa untuk kita syukuri adalah nikmat sehat, pada saat kita sakit barulah terasa bahwa kesehatan itu sangat penting dan berarti dalam hidup kita. Coba bayangkan, kalau kita sakit semua jadwal yang sudah kita atur akan jadi berantakan, semua jadi tertunda dan pastinya semua tugas dan kewajiban akan terbengkalai. Karena itu kita harus pandai-pandai mensyukuri nikmat sehat itu dengan cara menjaganya. Rasulullah adalah teladan yang paling baik, begitupun dalam hal kesehatan Rasul SAW sudah memberitahu kita untuk memelihara hidup sehat itu sendiri.

Cara hidup sehat menurut Rasulullah SAW

Cara hidup sehat menurut Rasulullah SAW

 

Hidup sehat menurut Rasulullah SAW



Berikut adalah beberapa pola hidup sehat yang dianjurkan oleh Rasulullah:
Hidup Sehat ala Rasulullah

1. Makan secukupnya

Telah termaktub dalam surat cintaNya QS.Thaha ayat 81:
Artinya: makanlah di antara rezki yang baik yang telah Kami berikan kepadamu, dan janganlah melampaui batas padanya, yang menyebabkan kemurkaan-Ku menimpamu. dan Barangsiapa ditimpa oleh kemurkaan-Ku, Maka Sesungguhnya binasalah ia.

Ayat ini menegaskan kepada kita bahwa janganlah kita berlebihan dalam makan karena akan berdampak buruk bagi kesehatan kita. Berbagai penyakit dapat muncul kalau kita sembarangan dan tidak mengatur pola makan kita dengan baik.

Makan adalah salah satu sarana untuk mendapatkan energi agar dapat melanjutkan aktifitas. Namun, jika kita makan terlampau kenyang juga tak baik untuk kesehatan kita, bisa menyebabkan kegemukan dan jika terlalu kenyang kita pun akan menjadi malas untuk melakukan aktifitas selanjutnya. Makan secukupnya sesuai dengan kadar kemampuan lambung kita untuk menampungnya dan memprosesnya menjadi energi, juga tak boleh makan terlampau sedikit karena kita akan cepat kehabisan energi dan akhirnya lemas saat beraktifitas.

Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Ibnu Majah, Rasul menyatakan bahwa hendaknya manusia hendaknya menjaga keseimbangan tubuhnya, sepertiga untuk makanan, sepertiga untuk air dan sepertiga untuk udara. Karena itu, tindakan berlebihan dalam makan sungguh tidak sesuai dengan ajaran Rasul SAW.

2. Tidur yang cukup

Setelah seharian beraktifitas, tubuh kita perlu beristirahat. Tidur yang cukup untuk ukuran orang dewasa adalah sekitar 6-8 jam. Tidur cukup sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh kita, apalagi untuk kita yang berstatus sebagai pekerja, tidur cukup dapat meningkatkan daya konsentrasi saat bekerja. Kalau tubuh kita kekurangan tidur, maka kita akan sulit untuk berkonsentrasi, tubuh kita terasa lemas, dan sulit untuk berpikir jernih. Dan buat kita yang berstatus sebagai pencari ilmu, maka kita akan terancam gangguan mengantuk di kelas. Bagaimana kita akan dapat menyerap ilmu yang disampaikan sang guru/dosen bila kita mengantuk? sungguh sebuah kerugian besar bukan?

3. Berolahraga

Dengan berolahraga, maka peredaran kita akan menjadi lancar, pembakaran kalori menjadi energi bisa menjadi optimal. Banyak berolahraga dapat menjauhkan kita dari berbagai macam penyakit, karena itu kita tak boleh malas dalam berolahraga. Minimal satu kali satu minggu, untuk menyeimbangkan gerak otot dan memperlancar asupan oksigen ke dalam otak sehingga meningkatkan daya konsentrasi. Olahraga tak mesti di tempat fitness yang mahal, berjalan kaki atau bersepeda termasuk sarana olahraga yang mudah dan murah.

4. Bangun Pagi atau Subuh

Ketika fajar menjelang, atau ketika subuh. Udara masih bersih dari polusi, sehingga sangat bagus untuk kesehatan paru-paru. Bangunlah lebih pagi untuk mendapatkan asupan udara bersih bagi paru-paru kita. Dengan bangun lebih pagi, kita juga bisa merencanakan apa yang akan kita lakukan secara lebih cermat dan tak terburu-buru. Agar bisa bangun lebih pagi, maka kita pun harus bisa tidur lebih awal.

5. Puasa Senin-Kamis

Selain berpahala, dengan berpuasa di hari Senin dan Kamis memberikan waktu bagi lambung kita untuk beristirahat. Bayangkan, setiap hari lambung kita disuruh bekerja keras untuk mencerna makanan setiap pagi, siang dan malam. Saat berpuasa, lambung kita akan beristirahat dan memproses makanan yang belum tercerna sebelumnya, juga dapat menyaring racun yang mungkin tersimpan dalam tubuh kita karena proses pencernaan makanan yang kurang sempurna.

6. Menjaga Kebersihan

Satu hal lagi yang tak kalah pentingnya dalam gaya hidup sehat adalah menjaga kebersihan. Tempat yang kotor rentan menyebabkan penyakit, maka dari itu islam sangat menganjurkan untuk menjaga kebersihan diri, tempat tinggal, dan juga pakaian. Bahkan Rasulullah sendiri juga mengatakan bahwa kebersihan itu merupakan sebagian daripada iman. Maka, dengan menjaga kebersihan juga akan berdampak positif bagi kesehatan kita.

Demikian ulasan singkat tentang gaya hidup sehat dengan mencontoh pada Rasulullah SAW. Semoga bermanfaat.

 

Banyak orang menganggap penyakit tifus adalah penyakit yang biasa. Penderitanya bahkan tidak mau mengikuti saran dokter agar istirahat total. Kenapa orang tifus tidak boleh banyak bergerak?

Tifus merupakan penyakit peradangan pada usus yang disebabkan infeksi bakteri Salmonella typhi yang tertular lewat makanan dan minuman yang airnya terinfeksi bakteri. Kuman ini masuk melalui mulut dan menyebar ke lambung lalu ke usus halus. Bakteri ini memperbanyak diri di dalam usus.

typhus Kenapa Orang Tifus Tidak Boleh Banyak Bergerak ?

Pada minggu pertama, kuman dari tifus hanya bisa dilihat dari feses. Lalu pada minggu kedua baru bisa diketahui lewat darah karena infeksi yang ada di usus sudah masuk ke dalam pembuluh darah. Dan pada minggu ketiga diagnosis bisa terlihat positif di urin.

“Biasanya pada minggu pertama tidak ditemukan hasil positif pada darah, itu yang sering orang sebut dengan gejala tifus. Padahal sebenarnya ia sudah terkena tifus tapi karena kumannya belum masuk ke pembuluh darah maka hasil tes darahnya negatif,” ujar dr Dante Saksono H SpPD, PhD.

Menurut dr Dante, banyak orang mengartikan sakit tifus awalnya sebagai gejala tifus padahal itu tidak tepat. Orang yang baru gejala tifus sebenarnya sudah terkena penyakit tifus hanya stadiumnya saja yang berbeda. Menurutnya yang benar adalah bukan penyakit gejala tifus tapi tetap penyakit tifus hanya stadiumnya saja yang berbeda.

salmonella Kenapa Orang Tifus Tidak Boleh Banyak Bergerak ?

Umumnya dalam mendiagnosis penyakit tifus dilakukan pemeriksaan tes darah untuk melihat apakah ada antibodi yang dihasilkan oleh tubuh dari bakteri Salmonella typhi yang menyebabkan penyakit tifus. Jika kuman tersebut sudah masuk ke dalam pembuluh darah, maka hasil tes darahnya akan positif.

Selain itu yang menjadi ciri paling khas dari tifus adalah melihat jumlah leukositnya (sel darah putih). Umumnya jika suatu penyakit Kenapa Orang Tifus Tidak Boleh Banyak Bergerak ? infeksi yang disebabkan oleh bakteri akan menyebabkan jumlah leukositnya meningkat, tapi tidak begitu pada penyakit tifus.

“Jika infeksinya diakibatkan oleh bakteri Salmonella, maka jumlah leukositnya akan menurun. Sedangkan untuk jumlah trombosit tidak bisa dijadikan patokan,” ungkap dokter yang berpraktek di RSCM dan mengajar di FKUI ini.

Gejala yang biasa muncul dari penyakit tifus adalah badan panas atau demam selama beberapa hari terutama siang dan malam, rasa sakit di perut bagian kiri, lidah bagian tengah berwarna putih tapi pinggirnya merah serta terjadi perubahan pola buang air besar (BAB).

dr Dante menuturkan jika seseorang sudah didiganosis positif terkena tifus, maka penanganannya adalah dengan mengonsumsi antibiotik yang tepat serta banyak istirahat di tempat tidur dan mengonsumsi air putih.

Kenapa perlu istirahat yang cukup di tempat tidur?

Penyembuhan penyakit tifus ini adalah untuk menghilangkan bakteri yang masuk di tubuh. Karena itu penderita harus istirahat total dan tidak banyak bergerak agar panas badan cepat turun.

Jika banyak bergerak bisa membuat suhu badan naik dan kuman akan terus berkembang biak masuk ke dalam darah. Banyak bergerak juga tidak baik karena orang dengan tifus sedang mengalami masalah ususnya yang sedang ringkih yang bisa makin sakit jika banyak gerak.

“Orang dengan sakit tifus boleh makan seperti biasa dan tidak harus makan yang lembek-lembek. Yang terpenting jangan terlalu banyak mengonsumsi sayuran berserat,” ujar dr Dante.

dr Dante menjelaskan hal ini karena sayuran berserat sulit dicerna oleh usus, sedangkan pada saat orang terkena tifus maka ususnya sedang luka akibat infeksi sehingga pasien harus mengurangi makanan yang sulit dicerna.

Sumber :
health.detik.com

17 Cara Mencegah Flu dan Masuk Angin@iniunik.web.id Perubahan cuaca yang sulit diramalkan sering diikuti dengan “musim masuk angin” dan juga batuk pilek. Apa saja yang bisa kita dilakukan untuk mencegah terkena dan tertular flu.

  • Apakah anda sedang mencoba untuk menghindar diri dari teman kerja anda yang terkena sakit flu, demam atau masuk angin ?
  • Apakah anda tidak mau memegang setiap kenop pintu ?
  • Apakah anda fobia dengan masuk angin dan flu ?

 

17 Cara Mencegah Flu dan Masuk Angin - www.iniunik.web.id


Hindarilah flu sebelum flu menjangkiti anda. Saya telah berkonsultasi dengan banyak ahli medis sehingga saya bisa membuat 13 cara untuk menghindari penyakit flu dan masuk angin :

  1. Cuci tangan sehabis bersalaman. Tetapi jangan berhenti di situ, basuhlah tangan anda sebanyak mungkin. Dengan banyaknya air yang mengalir di tangan anda maka setiap kuman akan langsung turun ke pembuangan.
  2. Jauhkan tangan anda. Menyentuh hidung dan mata anda dapat membuat anda tertular. Tempat itu adalah tempat yang paling umum bagi kuman untuk tinggal.
  3. Cukup tidur. Jika waktu tidur normal tidak cukup maka anda perlu menambah waktunya jika cuacanya sedang tidak baik. Ketika anda lelah, maka sistem kekebalan tubuh anda tidak bisa bekerja maksimal. Mengel menganjurkan waktu tidur antara 8 sampai 10 jam semalam.
  4. Disuntik. Mendapatkan suntikan yang seharusnya didapatkan lebih awal.
  5. Makan makanan sehat. Anda mungkin berpikir bahwa sulit untuk makan makanan sehat secara rutin, tetapi buah dan sayuran segar dapat mendukung sistem kekebalan tubuh anda. Dan itu akan jauh mempermudah perjuangan anda terhadap flu.
  6. Berolah raga. Dapatkan keringat saat berolah raga. Olah raga secara teratur dapat memperbaiki fungsi kekebalan.
  7. Menjauhkan diri. Jagalah jarak dengan orang lain yang menderita gejala flu atau demam seperti bersin dan batuk-batuk. Hal ini berlaku bukan hanya kepada orang asing dan rekan kerja, tetapi juga teman dan anggota keluarga anda.
  8. Bersihkan diri anda. Pakailah jel sanitasi atau alkohol untuk membersihkan tangan anda. Tetapi baca label produknya terlebih dahulu sebelum anda membeli, karena tidak semua pembersih mengandung alkohol dan manjur.
  9. Berhenti merokok. Merokok dapat meningkatkan resiko infeksi dengan membuat perubahan struktural dalam sistem pernafasan dan menurunkan respon kekebalan. Mengel berkata, rokok dapat menghancurkan cilia, yaitu rambut-rambut halus di dalam hidung kita yang mana dapat meningkatkan resiko infeksi.
  10. Beli dompet baru. Dompet kita juga bisa membawa kuman penyakit sama seperti halnya tubuh kita, jadi dapat menginfeksi diri anda setiap kali anda membawa tas anda. Sarannya: Jauhkan dompet kain anda selama musim dingin dan bawa dompet yang mudah dilap seperti yang terbuat dari vinyl atau kulit. Tentu saja anda bisa membeli beberapa dompet.
  11. Jangan menggigit kuku. Menggigit kuku dapat membuat anda cepat tertular karena kuman penyakit bersembunyi di bawah kuku anda.
  12. Cobalah untuk tersenyum. Kebahagiaan dapat menolong anda dimana seks, berpikir positif, bermain dengan hewan kesayangan, dan perilaku yang dapat menimbulkan kesenangan bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh anda.
  13. Anda mau saya bersin dimana ?. Mungkin terdengar aneh, tetapi ketika anda mau batuk atau bersin, maka lakukan di lekuk siku anda, bukan di telapak tangan anda. Karena tangan anda adalah sumber bibit penyakit yang paling umum maka melakukannya bisa mencegah penyebarannya.


Sudah tertular ?.

Di bawah ini terdapat empat hal yang anda bisa lakukan.

  1. Mengasingkan diri. Ini adalah ketika anda ingin menjauhkan diri anda dari perusahaan untuk sementara waktu. Tinggallah di rumah dan rawat diri anda.
  2. Awasi gejalanya. Jika tiba-tiba anda mengalami sakit yang hebat maka pergilah ke dokter. Hal itu mungkin bisa menjadi flu.
  3. Minum, minum, minum. Dehidrasi dapat terjadi dengan mudah (khususnya jika anda demam atau muntah). Jika anda tidak bisa mencegah dehidrasi maka hubungi dokter.
  4. Sekarang waktunya untuk berhemat. Buang semua tisu bekas pakai anda karena bisa memperparah penyakit anda.

10 Tips Mencegah/Menghindari Kanker@iniunik.web.id Kanker adalah salah satu penyakit yang banyak ditakuti karena seringkali mematikan dan gejalanya jarang terlihat jelas pada stadium awal. Seperti misalnya kanker leher rahim dan kanker prostat. Banyak orang yang terlambat mengetahui bahwa mereka merupakan penderita kanker. Oleh karena itu, pepatah "mencegah lebih baik daripada mengobati" sangat berlaku pada kasus kanker ini. Nah, kali ini @iniunik akan menyajikan beberapa tips yang bermanfaat untuk mencegah / menghindari penyakit kanker. Silakan disimak, 10 tips menghindari kanker berikut ini :

10 Tips Mencegah Menghindari Kanker - www.iniunik.web.id

 

  1. Berhentilah merokok, karena rokok merupakan penyebab utama kanker paru dan berhubungan dengan 30% kejadian kanker lainnya.
  2. Hindari sinar matahari. Paparan sinar matahari yang berlebihan menyebabkan kerusakan kulit dan kanker kulit.
  3. Kurangi kadar lemak pada makanan. Diet tinggi lemak secara langsung menyebabkan peningkatan risiko terkena kanker kolon, prostate, dan payudara. Makanan berlemak akan membuat tubuh mudah gemuk dan berisiko terhadap kanker kandungan, kanker empedu, kanker payudara dan kanker kolon (usus besar).
  4. Perbanyak makanan berserat. Gandum, beras, sayuran dan buah-buahan merupakan sumber serat alami yang sangat baik dan mampu melindungi dari kanker kolorektal.
  5. Kurangi makanan yang diasap, dibakar dan diawetkan dengan nitrit. Kanker oesofagus dan lambung sering ditemukan pada orang yang suka mengonsumsi makanan yang diawetkan dengan nitrit.
  6. Pilihlah makanan yang banyak mengandung vitamin A dan C. Vitamin alami dan zat penting yang terdapat pada sayuran dan buah dapat melindungi dari kanker oesofagus, laring, lambung dan paru.
  7. Konsumsi lebih banyak sayuran golongan kubis. Penelitian menunjukan bahwa sayuran kol, brokoli, bunga kol, bokchoy, dan kale dapat melindungi dari kanker lambung, kolorectal, dan kanker saluran napas.
  8. Hindari minuman beralkohol karena sangat potensial untuk memicu kanker hati dan lambung.
  9. Pemeriksaan diri secara teratur.
  10. Pola hidup yang seimbang: makanan yang cukup dan seimbang gizi, penggunaan waktu yang seimbang antara bekerja, istirahat, rekreasi, olah raga, serta beribadah.

Kalender Islam


Pesan dan Kesan

Search

000994347
Today
Yesterday
This Week
Last Week
This Month
Last Month
All days
105
272
1120
992276
3845
4095
994347

Your IP: 54.157.81.13
Server Time: 2017-10-21 14:07:18

We have 21 guests and no members online

Komentar Terakhir