10 Tips Mencegah/Menghindari Kanker@iniunik.web.id Kanker adalah salah satu penyakit yang banyak ditakuti karena seringkali mematikan dan gejalanya jarang terlihat jelas pada stadium awal. Seperti misalnya kanker leher rahim dan kanker prostat. Banyak orang yang terlambat mengetahui bahwa mereka merupakan penderita kanker. Oleh karena itu, pepatah "mencegah lebih baik daripada mengobati" sangat berlaku pada kasus kanker ini. Nah, kali ini @iniunik akan menyajikan beberapa tips yang bermanfaat untuk mencegah / menghindari penyakit kanker. Silakan disimak, 10 tips menghindari kanker berikut ini :

10 Tips Mencegah Menghindari Kanker - www.iniunik.web.id

 

  1. Berhentilah merokok, karena rokok merupakan penyebab utama kanker paru dan berhubungan dengan 30% kejadian kanker lainnya.
  2. Hindari sinar matahari. Paparan sinar matahari yang berlebihan menyebabkan kerusakan kulit dan kanker kulit.
  3. Kurangi kadar lemak pada makanan. Diet tinggi lemak secara langsung menyebabkan peningkatan risiko terkena kanker kolon, prostate, dan payudara. Makanan berlemak akan membuat tubuh mudah gemuk dan berisiko terhadap kanker kandungan, kanker empedu, kanker payudara dan kanker kolon (usus besar).
  4. Perbanyak makanan berserat. Gandum, beras, sayuran dan buah-buahan merupakan sumber serat alami yang sangat baik dan mampu melindungi dari kanker kolorektal.
  5. Kurangi makanan yang diasap, dibakar dan diawetkan dengan nitrit. Kanker oesofagus dan lambung sering ditemukan pada orang yang suka mengonsumsi makanan yang diawetkan dengan nitrit.
  6. Pilihlah makanan yang banyak mengandung vitamin A dan C. Vitamin alami dan zat penting yang terdapat pada sayuran dan buah dapat melindungi dari kanker oesofagus, laring, lambung dan paru.
  7. Konsumsi lebih banyak sayuran golongan kubis. Penelitian menunjukan bahwa sayuran kol, brokoli, bunga kol, bokchoy, dan kale dapat melindungi dari kanker lambung, kolorectal, dan kanker saluran napas.
  8. Hindari minuman beralkohol karena sangat potensial untuk memicu kanker hati dan lambung.
  9. Pemeriksaan diri secara teratur.
  10. Pola hidup yang seimbang: makanan yang cukup dan seimbang gizi, penggunaan waktu yang seimbang antara bekerja, istirahat, rekreasi, olah raga, serta beribadah.

Sumber : http://www.iniunik.web.id/